Nasyeed Production Jln. Villa Mulawarman 1 no 3 Banyumanik Semarang Nomer Telp : HP. 0856-9696-8672 / Sejarah Singkat Nasyid - Nasyid Production ( Modern Islamic Entertainment )

728x90 AdSpace

Latest News

Diberdayakan oleh Blogger.
Jumat, 04 September 2015

Sejarah Singkat Nasyid

 

Musik Nasyid tidak disangka lagi mengandung banyak nilai positif, memiliki peran penting dalam pembangunan moral yang dibumbui ornamen musik, yaitu sebagai daya tarik bagi semua kalangan. Karena kita tahu bahwa tidak ada manusia yang tidak pernah mendengar musik. Dan sebagian besar adalah penikmat musik.
Tapi, sudahkah kita tahu tentang musik nasyid bagaimana awal sejarah nasyid berkembang?

Nasyid berasal dari bahasa arab yang berarti senandung, dan mengalami penyempitan dari makna senandung itu sendiri secara umumnya menjadi senandung yang bernafaskan islami.
Nasyid adalah salah satu seni islami dalam bidang seni suara yang merupakan seni yang bercorak islam dan mengandung kata-kata, nasihat, kisah para nabi, pujian yang memuji kebesaran Alloh dan sejenisnya. 

Dan Nasyid itu sendiri dipercayai sudah ada sejak zaman"Nabi Muhammad SAW", sebagai contoh perbandingannya adalah"syair"thola'al badru'alaina ( yang artinya telah muncul rembulan ditengah kami ), sering dilantunkan umat muslim sebagai syair untuk menyambut kedatangan Rosululloh SAW ketika pertama kali hijarah dari Mekkah ke Madinah.
Biasanya Nasyid dinyanyikan dengan secara"acappela ( salah satu jenis musik yang tidak menggunakan instrument apapun ), tapi dalam nasyid itu sendiri hanya diiringi dengan gendang, yang kemunculan dari metode tersebut karena banyak ulama islam yang melarang penggunaan alat musik kecuali alat musik perkusi.

Kemudian masyarakat terutama di Indonesia menjadikan Nasyid sebagai suatu kesenian dalam acara hajatan, perkawinan, majelis khatam Al-Quran, khitanan, menyambut kelahiran bayi dan Maulid Nabi Muhammad SAW.
Nasyid mulai masuk Indonesia sekitar tahun 80-an ( tapi tidak ada yang menjelaskan saat yang tepat masuk di Indonesia ) dan awal berkembangnya dipelopori oleh aktivis-aktivis kajian islam yang mulai tumbuh di kampus-kampus pada masa itu.
Pada tahun 1993, Nasyid di Indonesia semakin berkembang dengan hadirnya grup"Snada"dari Universitas Indonesia yang album pertamanya muncul pada tahun 1994 sebagai album perkenalan mereka, dengan mengangkat tema perjuangan rakyat Bosnia. Di tahun yang sama 1994, Izzatul Islami ( Izis ) muncul dan dbentuk oleh aktivis dakwah kampus di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia.Selain itu kelompok musik lainnya muncul dan ikut meramaikan dunia musik Nasyid, salah satunya Qatrunada yang merupakan grup Nasyid asal Jakarta yang berdiri tahun1998, dan telah melakukan pentas diberbagai negara seperti Malaysia, Thailand, Australia, Jordania, Jerman dan Prancis. 
 
Seiring dengan situasi dan kondisi pada saat itu, Nasyid mengalami banyak perkembangan, dan dipengaruhi oleh situasi politik pada saat itu, seperti Nasyid di Timur Tengah yang syair-syairnya banyak mengumandangkan pesan jihad dan perlawanan terhadap imperialisme rezim israel.
Seiring perkembangan zaman juga, generasi baru artis Nasyid memakai beberapa varian Instrumen musik dalam seni mereka, beberapa diantaranya seperti Native Deen yang merupakan grup Nasyid yang mengusung genre hip-hop dan R&B, Raihan yang mencetak prestasi fantastis dinegaranya Malaysia dan mengalahkan popularitas artis, serta band-band lainnya, dengan mengeluarkan album"Demi Masa"yang sempat menjadi hits juga di Indonesia. Selain Native Deen dan Raihan ada juga Outlandish serta masih banyak nama-nama penyanyi dunia lainnya seperti,Yusuf Islam, Sami Yusuf, Junaidi Jamshed, Maher Zain, Mesutt Kurtis, Dawud Wharnsby dan Zain Bhikadan masih banyak lagi artis-artis lainnya.

Menyambut pertumbuhan Muslim yang signifikan banyak artis dan band Nasyid telah tampil didepan komunitas muslim di Eropa dan Amerika, di konferensi perayaan hari besar Islam, Konser dan acara amal lainnya termasuk di Islamic Society Of North America, Celebrate Old&Young Muslim.  (nasyid.co.id)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sejarah Singkat Nasyid Description: sejarah nasyid, nasyid di indonesia Rating: 5 Reviewed By: Dannov media
Scroll to Top